Jumat, 06 Juni 2008

DEMAM BERDARAH

DEMAM BERDARAH

Jambu Biji

Buah Jambu Biji atau guava adalah favorit banyak orang dan dapat dimakan langsung atau dibuat jus. Jambu Biji atau Guava dapat disebut sebagai salah satu buah terbaik yang dapat dimakan sehari-hari karena buah Jambu Biji sangat kaya akan Vitamin C. Kandungan Vitamin C pada buat Jambu Biji adalah 5x lebih banyak dari jeruk dan masih lebih tinggi dari Citrus yaitu 87 mg per 100 g buah Jambu Biji. Terlebih lagi, buah Jambu Biji juga mengandung banyak kalsium (jarang pada buah lainnya), Vitamin A, Vitamin B, zat besi, fosfor, potasium, dan kaya akan serat. Untuk yang suka berdiet, buah Jambu Biji hanya mengandung 25 kalori.

Selain untuk kesehatan ternyata seluruh pohon Jambu Biji sangat berguna sebagai obat.

Untuk Demam Berdarah, Balai Penelitian Tanaman Obat dan Aromatik menyebutkan bahwa pemberian ekstrak kering daun jambu biji selama 5 hari mempercepat pencapaian jumlah trombosit >100.000/µl, pemberian ekstrak kering setiap 4-6 jam meningkatkan jumlah trombosit >100.000/µl setelah 12-14 jam, tanpa menimbulkan efek samping yang berarti. Dengan demikian, ekstrak daun jambu biji dapat digunakan untuk pengobatan kuratif demam berdarah. Untuk meraciknya, ambil daun Jambu Biji 3-5 lembar, rebus dengan air sebanyak 2 gelas lalu minum setiap 4 jam.

Khasiat lain yang banyak dikenal orang adalah sebagai obat penyembuh sakit perut atau diare. Daun Jambu Biji banyak mengandung quercetin yang dapat membantu sebagai anti-diare. Untuk membuatnya, ambil 5 lembar daun jambu biji, 1 potong akar, kulit dan batangnya. Rebus semua dengan 1,5 liter air sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya. Minum 2 kali sehari pagi dan sore.

Jambu Biji juga dapat dipakai sebagai obat Sariawan, Larutan kumur mulut atau Sakit Gigi. Untuk Sariawan ambil 1 genggam daun jambu biji dan 1 potong kulit batang jambu biji lalu rebus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Minum 2 kali sehari. Untuk sebagai larutan kumur mulut, tunggu dingin lalu langsung saja dikumur. Untuk sakit gigi, kunyah daun jambu biji yang sudah dicuci.

Yang lain lagi adalah sebagai obat Disinfektan Luka Baru. Untuk ini, ambil 3 pucuk daun jambu biji. Ulek dengan air sebentar atau kunyah sampai lembut dan tempelkan pada bagian tubuh yang luka untuk mengurangi infeksi.

Masih begitu banyak khasiat dari tanaman jambu biji mulai dari sakit maag, batuk/sakit tenggorokan, sakit kulit, masuk angin, atau juga sebagai campuran minuman Guava Martini :). Tapi kalau anda kebnyakan makan jambu biji bisa menyebabkan konstipasi atau sulit buang air besar.

Jambu biji akan sangat bermanfaat jika anda tanam di rumah anda. Menanam Jambu Biji sangat mudah karena termasuk tanaman tropis. Jambu Biji dapat ditanam di pot ataupun di tanah. Jangan lupa beli pupuk buah NPK untuk menambah kesuburan.

note: untuk resep Guava Martini, campur 4 oz jus guava, 8 oz vodka, 2 oz raspberry liqueur dan 1/2 oz jus lemon. Campurkan semua dengan es (dari drinksmixer).

1 komentar:

Riecky mengatakan...

salam blogger Mas Bos...